8 Bagian Mobil Wajib Dicek Setelah Mudik

Melakukan perjalanan mudik memang sangat melelahkan. Tak heran tubuh ingin rehat sejenak untuk beristirahat bahkan mendapatkan treatment sebelum kembali beraktivitas seperti biasa.

Sama seperti tubuh, mobil yang sudah dikendarai melalui berbagai kondisi jalan bahkan menempuh puluhan bahkan ratusan kilometer juga harus mendapatkan perawatan atau service.

Pasalnya, ketika mobil bergerak cukup jauh kemungkinan ada beberapa bagian komponen mengalami aus.

Nah, Velozityers yang sudah melakukan ritual mudik, yuk periksa beberapa komponen mobil di beberapa bagian ini

1. Periksa cairan mobil

Pada bagian mobil ada sejumlah cairan yang harus diperiksa. Terlebih mobil sudah digunakan untuk mudik Lebaran.

Cairan mobil yang harus dicek, yaitu oli mesin, oli transmisi, cairan radiator, hingga wiper.

Ketika mudik, oli mesin mesin memiliki peran penting karena melumasi jeroan logam secara optimal dan saling bergesekan dengan waktu lama.

Saat mengecek oli mesin, pastikan kondisi warnanya tidak menjadi keruh, hitam pekat, atau seperti tercampur air.

Tidak ada salahnya oli transmisi juga dicek, karena pada bagian transmisi juga ikut aktif beroperasi.

Cairan berikutnya terdapat pada radiator atau tabung penyimpanan cadangan air radiator.

Selanjutnya, cairan radiator sangat penting dicek, karena komponen ini dapat memindahkan energi panas dari satu medium ke medium lainnya.

Selain itu, periksa juga cairan wiper, karena air yang disemprotkan wiper bisa membasuh kotor atau membasuhnya dari hujan.

2. Ban

Karena telah melintasi berbagai kondisi aspal jalan, bagian ban perlu dicek mulai dari telapak, dinding hingga bibir velg.

See also  Honda CBR1000RR-R Fireblade SP 30th Anniversary Meluncur

Hal yang dikhawatirkan pada bagian ban yaitu bersentuhan dengan batu atau benda tajam di jalan sehingga lecet atau tergores.

3. Rem

Komponen lainnya yang perlu dilakukan pengecekan yaitu rem. Sebab, bagian ini sudah pasti selalu beroperasi saat dipakai mudik.

Bagian yang perlu dicek pada bagian khususnya soal ketebalan kampas rem. Selain itu, pastikan kampas rem tidak retak hingga korosi.

Jika kampas rem sudah menipis sudah sebaiknya diganti.

Demikian juga jika minyak rem habis, wajib dicek apakah ada indikasi kebocoran atau tidak.

4. Periksa AC

Bagian lainnya yang wajib dicek yaitu AC. Ya, AC kerap jadi sorotan karena fitur ini pasti bekerja keras, lantaran perlu digunakan baik saat kondisi cuaca panas maupun hujan.

Komponen AC mungkin lebih sulit dicek sendiri. Namun setidaknya, Velozityers bisa merasakan apakah AC hanya mengeluarkan angin saja dan tidak dingin.

5. Aki

Komponen yang juga perlu dicek ulang yaitu aki atau baterai. Pasalnya aki memberikan kontribusi saat dipakai mudik, seperti saat menghidupkan mesin atau memberikan daya untuk menyalakan lampu hingga sistem hiburan.

Maka dari itu, pastikan kondisi fisik baterai apakah terjadi kebocoran, korosi atau kerusakan.

Pemeriksaan baterai mencakup analisa mendalam seputar daya baterai. Pemeriksaan baterai secara rutin dapat membuat lebih tenang saat melakukan perjalanan selanjutnya.

6. Mesin

Untuk mesin sudah pasti dicek, karena bagian mesin ini sangat kompleks, apalagi lokasinya di dalam kap yang saling berhubungan dengan berbagai komponen mulai dari blok silinder, radiator, mesin, AC, pendingin mesin, dan masih banyak lainnya.

Pastikan saluran dan selang di kompartemen mesin berada pada kondisi baik, tidak bocor, terarah dengan benar dan terpasang dengan aman.

See also  Rencana Besar Mitsubishi Fuso, Euro4 Sampai Truk Listrik

Selain itu, periksa tingkat oli mesin agar berada di atas batas minimal, kemudian periksa juga tingkat ketinggian cairan pendingin radiator, tambahkan jika perlu.

7. Periksa kaki-kaki

Bagian mobil yang perlu dicek yaitu kaki-kaki. Pasalnya, dengan kondisi jalan naik turun sudah pasti berimbas pada bagian kaki-kaki.

Nah, yang perlu dicek yaitu shock absorber karet-karet penyangga atau bushing, long tie rod end, ball joint dan beberapa bagian lainnya.

Pasalnya bagian kaki-kaki bisa dibilang cukup rentan masalah. Apalagi medan yang dilalui cukup menantang.

8.  Kabin

Hal paling mudah melakukan pengecekan sebetulnya ada pada bagian kabin. Velozityers cukup pastikan kabin tidak kotor.

Caranya, cukup mudah periksa dan bersih kabin menggunakan vacuum cleaner.

Kabin perlu dicek karena biasanya ada kotoran karena tumpahan makanan atau minuman.

Jika dibiarkan tentu akan jadi sarang kuman dan menimbulkan bau yang tidak sedap.

Untuk nomor 1-7 Velozityers yang tidak mengerti bagaimana melakukan pengecekan, maka bisa langsung bawa ke bengkel. Sedangkan untuk nomor delapan bisa melakukannya di rumah.

Mau beli mobil bekas untuk mudik lebaran, bisa kunjungi Velozity Autos.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com