Bedah Kecanggihan Teknologi ADAS Wuling Almaz RS

Wuling Motors kembali berpartisipasi dalam gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) Hybrid 2022, yang berlangsung di JIExpo, Kemayoran, Jakarta, 31 Maret-10 April 2022.

Dengan booth bertemakan ‘Experience The Next Innovation’, merek mobil asal Tiongkok ini rupanya ingin unjuk gigi dengan memamerkan kecanggihan teknologi yang dimiliki.

Ya, salah satu teknologi yang ternyata berhasil membuat pengunjung terkesima yaitu Advanced Driver Assistance System (ADAS) yang berada pada Almaz RS. Meski sudah meluncur tahun lalu, namun teknologi ADAS masih bikin penasaran.

‘Intelligent Digital Car’, begitulah sebutan untuk mobil yang dijejali teknologi ADAS. Dimana teknologi ini memberikan kemudahan dan keamanan, serta membantu pengemudi dalam berbagai kondisi perjalanan.

Teknologi ADAS sendiri mirip ‘Ayang atau pacar’ yang selalu peduli setiap saat. Bagaimana tidak, dengan adanya ADAS maka pengemudi bisa lebih waspada, sehingga dapat mengurangi risiko yang mungkin terjadi.

Kenapa ADAS bisa canggih? Ini karena Wuling memanfaatkan penggunaan sensor radar dan kamera, yang disokong juga teknologi Wuling Interconnected Smart Ecosystem, dan Internet of Vehicle (IoV).

Adapun dengan adanya sensor radar dan kamera, maka dapat mengaktifkan empat kategori, yaitu Adaptive Cruise, Lane Recognition, Safe Distance & Braking Assistance, serta Automatic light.

Mau tahu lebih detail keempat kategori tersebut, berikut ulasannya.

Layar LED Wuling Almaz RS

Adaptive Cruise Wuling

Adaptive Cruise dilengkapi dengan fitur Adaptive Cruise Control (ACC), dimana jika menggunakan mode jelajah, maka dapat menyesuaikan kecepatan dengan kendaraan di depannya secara otomatis untuk menjaga jarak aman.

Fitur ini juga bisa membuat gerakan ban melambat secara otomatis saat memasuki tikungan dengan bantuan Bend Cruise Assist (BCA).

See also  Alasan Punya Mercedes-Benz Perlu Ikut Komunitas

Selain itu, ada juga fitur Intelligent Cruise Assistance (ICA) dan Traffic Jam Assistance (TJA) yang secara otomatis menjaga jarak aman sekaligus posisi kendaraan dalam lajurnya saat kondisi lalu lintas macet maupun lancar.

Lane Recognition Wuling

Lane Recognition berperan untuk memberikan peringatan serta secara aktif mengoreksi arah kendaraan terkait lajur marka jalan yang ditangkap oleh kamera ADAS.

Untuk Lane Recognition memiliki fitur Lane Departure Warning (LDW) yang akan memberikan peringatan ketika kendaraan keluar lajur tanpa dikehendaki.

Selain itu, Lane Recognition juga memiliki fitur Lane Keeping Assist (LKA) yang jika dalam keadaan aktif akan secara otomatis mengoreksi arah kemudi untuk kembali ke lajur yang aman.

Safe Distance & Braking Assistance

Safe Distance & Braking Assistance memiliki sangat berguna karena bersifat memberikan peringatan.

Nah, Safe Distance & Braking Assistance memiliki fitur yaitu Safe Distance Warning (SDW), dimana fitur ini akan memberikan peringatan ketika kendaraan di depan berada di bawah jarak aman.

Ada juga fitur Forward Collision Warning (FCW), yang berfungsi menghindari potensi tabrakan depan, dengan  memberikan ragam peringatan berupa suara, tampilan visual, atau rem sekejap yang disesuaikan dengan tingkat bahayanya.

Lalu, ada juga Automatic Emergency Braking (AEB) yang secara otomatis melakukan pengereman darurat jika pengemudi tidak merespon peringatan bahaya tabrakan yang terdeteksi.

Fitur di atas akan dimaksimalkan dengan adanya fitur Collision Mitigation System (CMS), karena jika tabrakan tidak dapat dihindari.

Pengemudi juga dibantu adanya fitur Intelligent Hydraulic Braking Assistance (IHBA). Dengan adanya fitur ini maka menyesuaikan besarnya gaya pengereman secara otomatis sesuai risiko bahaya jika gaya injak rem pengemudi tidak mencukupi.

Automatic light Wuling

Automatic Light sangat berhubungan dengan lampu-lampu. Nah, bagian teknologi ini memiliki fitur Intelligent Head Beam Assistance (IHMA).

See also  Suzuki di JAW 2022, Hadir Maksimalkan Momentum

Dengan fitur ini, secara otomatis menyesuaikan ketinggian pancaran cahaya lampu utama sesuai dengan kondisi pencahayaan lingkungan sekitar.

Dengan demikian, pengemudi dapat berkendara melalui kondisi cahaya yang berbeda-beda saat malam hari tanpa perlu melakukan penggantian mode lampu secara terus menerus.

Mau cari mobil Wuling bekas berkualitas, cek di Velozity Autos.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com