Harga Pertamax Naik Rp 16 Ribu? Ini Keunggulan RON 92

Harga Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis Pertamax dikabarkan akan mengalami kenaikan harga, dari Rp 9.000 per liter menjadi Rp 16.000 per liter.

Kabarnya kenaikan harga BBM jenis Pertamax dengan (Research Octane Number) RON 92 akan dilakukan melalui persetujuan anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) di Senayan.

Sebelumnya disebutkan, rencana naiknya harga BBM tak lepas dari harga minyak dunia yang saat ini meroket dengan banderol US$ 110 atau sekitar Rp 1,57 juta per barel (Kurs US$1 = Rp 14.337).

Ya, kenaikan harga minyak dunia tak lepas karena konflik antara Ukraina-Rusia.

Menurut Kepala Biro Komunikasi, Layanan Informasi Publik dan Kerja Sama Agung Pribadi, harga minyak mentah Indonesia atau Indonesia Crude Price (ICP) pada Februari 2022 sebesar US$95,72 per Barel.

Sedangkan angka sementara ICP Maret 2022 sampai tanggal 17 Maret sudah mencapai sebesar US$114,77 per barel.

“Tingginya harga minyak tidak hanya berdampak pada APBN, tetapi harga penyediaan BBM. Untuk melindungi masyarakat, BBM bersubsidi seperti misalnya solar, minyak tanah dan BBM yang paling banyak dikonsumsi masyarakat seperti Pertalite, harganya tetap dijaga,” ungkap Agung seperti dilansir situs ESDM.

Terlepas apakah benar atau tidaknya harga Pertamax yang mengalami kenaikan, yang pasti jenis BBM yang satu ini memang tidak mendapatkan subsidi dari pemerintah.

Keunggulan Pertamax

Jike benar Pertama naik harga atau tidak, Pertamina sendiri menyatakan bahan bakar bensin dengan kadar oktan 92 ini sama dengan standar internasional EURO 2.

See also  Honda Brio, City Car Favorit Keluarga Muda

Pertamina sendiri merekomendasikan agar Pertamax digunakan pada kendaraan dengan rasio kompresi 10:1 sampai 11:1 atau kendaraan yang sudah memiliki teknologi setara dengan teknologi Electronic Fuel Injection (EFI).

Bicara soal Pertamax, pertamina mengklaim bahwa BBM yang memiliki ciri-ciri berwarna biru, terang dan jernih ini punya beberapa keunggulan.

Nah, berikut ini beberapa keunggulan jika kendaraan menggunakan RON 92:

1. Pembakaran Lebih Sempurna

Pertamax memiliki pembakaran yang sempurna jika dibandingkan dengan jenis bahan bakar mesin seperti Premium atau Pertalite.

Hal ini karena Pertamax memiliki nilai oktan yang lebih tinggi dari premium (RON 88) dan Pertalite (RON 90).

Jika bahan bakar mesin memiliki nilai oktan rendah, maka akan lebih lama dalam proses pembakaran bahan bakar minyak di dalam ruang bakar.

Proses pembakaran yang memiliki waktu lama akan menimbulkan knocking pada mesin. Jika angka oktan pada bahan bakar mesin tinggi, maka proses pembakaran di dalam ruang bakar juga akan lebih baik.

Alasannya karena bahan bakar bisa dipadatkan hingga tekanan tertinggi sebelum terkena api dari busi.

2. Pertamax Lebih Ramah Lingkungan

Pertamax lebih dalam sistem pembakarannya lebih baik dan efisien, sehingga emisi gas yang dikeluarkan oleh bahan bakar ini lebih bersih dan lebih ramah lingkungan.

Emisi gas yang dihasilkan oleh proses pembakaran bahan bakar Pertamax lebih efisien dan memiliki dampak emisi gas buang jauh lebih rendah.

3. Lebih Irit

Bahan bakar Pertamax jauh lebih irit dibandingkan dengan bahan bakar mesin Premium atau Pertalite, karena sifat Pertamax lebih sulit dibakar.

Jika ini terjadi maka yang membuat proses pembakaran pada ruang pembakaran lebih baik. Hasilnya, bahan bakar mesin akan lebih sulit habis terbakar sebelum kembali pada proses TMA.

See also  Raffi Ahmad Beri Kado Nagita Slavina Rolls Royce Phantom

4. Dengan Pertamax Perawatan Lebih Mudah

Pertamax diklaim membuat proses perawatan kendaraan menjadi jauh lebih mudah, karena Pertamax tidak memiliki timbal.

Selain itu, Pertamax proses pembakarannya lebih sempurna sehingga klep, head, piston, serta busi memiliki kadar kerak atau deposit lebih minim.

Bahan bakar Pertamax juga waktu untuk melakukan servis akan berkurang secara otomatis karena proses pembersihan kerak atau deposit yang menempel akan berkurang.

Bahan bakar ini juga sudah dilengkapi dengan Ecosave Technology yang dirancang khusus untuk melindungi mesin.

5. Performa yang Lebih Baik dan Responsif

Dengan menggunakan Pertamax, performa mesin jauh lebih baik dan responsif.

Hal ini karena  BBM jenis ini memiliki tambahan zat aditif yang akan membuat putaran gas pada mobil Anda lebih ringan dan beban kerja mesin juga akan jauh lebih ringan.

Bahan bakar Pertamax juga akan mengurangi kandungan deposit dan kerak-kerak yang menempel pada ruang pembakaran, hasilnya mobil akan lebih responsif dan performa mesin lebih maksimal.

Menurut Velozityers apalagi kelebihan Pertamax?

Velozityers mau cari mobil bekas berkualitas bisa lihat di Velozity Autos.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com