Kecelakaan Lalu Lintas Selama Mudik Lebaran 2022 Menurun

Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mencatat sedikitnya telah terjadi 103 kecelakaan selama Operasi Ketupat 2022 atau arus mudik dan balik Lebaran yang digelar sejak 22 April-9 Mei 2022.

Menurut Kakorlantas Polri Irjen Pol Firman Shantyabudi angka kecelakaan pada Operasi Ketupat 2022 mengalami penurunan sebanyak 31 persen jika dibandingkan musim mudik dan balik Lebaran 2019 sebelum pandemi.

“Inilah yang kami harapkan, operasi lancar bisa bersilaturahmi, kecelakaan turun, fatalitas juga turun,” ungkap Firman dilansir Instagram NTMC Polri, Selasa (10/5/2022).

Dari 103 kecelakaan yang terjadi saat musim Lebaran, setidaknya 137 orang mengalami luka ringan, sebanyak 29 orang luka berat, dan 37 orang meninggal dunia.  

Disebutkan, untuk Lebaran tahun ini kasus kecelakan paling banyak di jalur arteri mencapai 97 kasus, dan di jalur tol hanya enam kasus.

Demikian juga untuk jumlah korban meninggal dunia, dimana 36 kasus terjadi di jalur arteri sedangkan di jalan tol hanya satu kasus.

Sebelumnya, pada arus Operasi Ketupat 2021, tercatat 133 kasus kecelakaan, sembilan diantaranya luka berat, 140 luka ringan dan 78 meninggal dunia.  

Pasca mudik kondisi jalan tol kembali normal

Jalan Tol
Ilustrasi jalan tol. (Shutterstock)

Bersamaan dengan diumumkannya penurunan kecelakaan selama musim libur Lebaran, Korlantas juga mengakhiri skema Ganjil Genap, One Way, dan Contraflow Operasi Ketupat 2022, yang dilakukan di jalur tol, pada Senin 9 Mei 2022.

Kata Firman, kebijakan ini diambil setelah melihat kondisi lalu lintas saat arus balik yang sudah mulai lancar.

“Kami melaporkan kepada pimpinan bahwa kami akan menyelesaikan menutup penerapan ganjil-genap yang sudah kami terapkan sejak tanggal 5, kemudian diperpanjang sampai dengan tanggal 6,” ucap Firman seperti dilansir akun Instagram @ntmc_polri.

See also  Suzuki XL7 Bekas Masih Macho dan Gagah, Harga Menggiurkan

Sebelumnya, Korlantas dan Jasa Marga memang sempat memberlakukan strategi rekayasa lalu lintas, oneway, ganjil-genap dan contraflow baik saat arus mudik maupun balik Lebaran 2022.

Polri pun memohon maaf kepada masyarakat atas ketidaknyamanan rekayasa lalu lintas one way, contra flow dan sebagainya.  

Velozityers mau cari mobil bekas berkualitas bisa lihat di Velozity Autos.

WP2Social Auto Publish Powered By : XYZScripts.com